by

Masjid Al Hakim Kota Padang , Replika Keindahan Taj Mahal

Wisatahalal.com |  Pariwisata Sumbar selalu punya alasan untuk menjadi sorotan. Salah satunya Mesjid Al Hakim yang berdiri megah di tepian Pantai Padang. Sekilas Mesjid tersebut serupa dengan Taj Mahal Bangunan ini berdiri kokoh di Agra, India.

Benar saja, saat Covesia.com berkunjung ke mesjid tersebut dan menemui pengurusnya dia mengatakan bahwa Mesjid Al Hakim memang terinspirasi dari bangunan di India yang juga merupakan salah satu keajaiban dunia tersebut.

“Arsitekturnya kita terinspirasi dari Taj Mahal. Setelah kita lakukan diskusi dengan yang mendanai pembangunan mesjid ini Taj Mahal ternyata yang paling cocok,ungkap Harius Nasir , seorang pengurus Masjid

Ditanya perihal kenapa Mesjid Al Hakim replika Taj Mahal, Herius bercerita bahwa di zaman yang informasi canggih kita googling cari mana yang cocok kita cari yang sesuai strukturnya. Nah saat melihat informasi tentang Taj Mahal di artikel akhirnya saya langsung ke sana melihat langsung arsitekturnya.

“Kalau Taj Mahal sejarahnya seorang raja yang cinta dengan istrinya meninggal, lalu membuat kuburan di situ. Tempat yang indah megah dan akhirnya memutuskan untuk membangun mesjid dengan arsitektur menyerupai Taj Mahal,” jelasnya.

Herius mengatakan kalau Taj Mahal di belakang mesjidnya ada  Sungai Jaipur, kalau kita laut lepas. Dengan adanya mesjid ini bertambah icon wisata religius dan wisata halal untuk Sumbar di Padang.” “Jadi yang ke sini tidak hanya untuk berwisata tapi juga beribadah,”katanya.

Daya tarik Mesjid Al Hakim atau Al Hakim Islamic Center telah sampai kepada banyak orang. Khususnya di sosial media foto dari kemegahan mesjid ini tersebar luas. Wisatawan dari berbagai daerah seperti Medan, Riau, Jambi sempat melaksanakan ibadah shalat dan menyaksikan matahari terbenam di belakang mesjid.

Mesjid semakin ramai saat waktu shalat tiba. Fasilitas mesjid seperti tempat berwudu, sajadah, lahan parkir dan sebagainya sudah tersedia. Bahkan ada yang menjaga atau satpam.

Tak tanggung-tanggung, selain mewah dan indah mesjid ini ramah untuk kaum difabel. Tak hanya disediakan tangga juga disediakan jalan khusus untuk difabel. “Ini smart mosque jadi bisa untuk orang tua, difable yang memakai kursi roda,” ungkap Herius Nasir.

Mengenai pendanaan, mesjid ini dibiayai pembangunannya oleh H. Arnes Azwar sedangkan untuk tanah merupakan tanah Pemda. Herius mengatakan mesjid sudah dibuka tapi belum diresmikan.

Petanda pembukaan mesjid dengan dimulai shalat Jum’at. Minggu ini udah kali ke 4 shalat jumat di sini, alhamdulillah jamaah ramai. “Sebenarnya mesjid ini belum selesai di bagian area parkir, namun alhamdulillah yang di dalam sudah bisa difungsikan,” ujarnya.

Sementara itu, Elfitri Santi yang bertugas mengawasi pekerja di mesjid Al Hakim mengatakan sejak dibuka, hari Sabtu dan Minggu Mesjid paling ramai dikunjungi. “Tak sekadar berwisata religi tapi juga sholat di sini. Saat ini mesjid dibuka satu jam sebelum azan dan satu jam setelah shalat kalau yang shalatnya terlambat kita sediakan sajadah di sisi mesjid,”ungkapnya.

 

source : covesia travel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/wisatahalal/public_html/wp-includes/class-wp-list-util.php on line 148

News Feed