by

Abou Diaby, Mantan Pesepak Bola Arsenal yang Hafal 19 Juz Alquran

Wisatahalal.com –  Pemain bola muslim bernama lengkap Vassiriki Abou Diaby yang pernah membela tim Meriam London sejak 2006 hingga 2015 ini layak jadi panutan bagi pemain muslim Eropa soal kemampuannya menghafal 19 juz Alquran.

Hafalan 19 juz Alquran oleh Diaby ini diungkapkan oleh salah satu pengajar Ebrahim College di London, Mufti Muhammad pada 2012.

“Dalam obrolan saya dengan Abou Diaby pada acara makan malam, dirinya bisa hafal 19 Juz Alquran,” kata Mufti. Bukan tidak mungkin, hafalan juz Alquran Diaby saat ini sudah bertambah.

Diaby dikenal sebagai pesepak bola beragama Islam yang taat menjalankan ibadah. Bahkan saat bulan Ramadhan tiba dan pertandingan bersama Arsenal masih dijalankannya, Diaby tak ketinggalan untuk tetap menjalankan ibadah puasa.

Arsenal menginginkan saya tidak berpuasa saat kompetisi masih berjalan, tetapi Arsene Wenger kemudian mengerti bahwa bulan Ramadan merupakan momen yang sangat spesial bagi saya,” ucap Diaby pada bbc seperti dikutip Football5starc.com, Jumat (28/8/2020).

Diaby mengungkapkan bahwa Arsene Wenger saat itu sangat mendukung dirinya menjalan ibadah sebagai seorang muslim. Namun Diaby mengungkapkan bahwa dirinya tetap menjunjung tinggi arti profesionalisme. Ia tak memaksakan diri saat dirinya tak bisa berpuasa disebabkan jadwal padat klub.

“Saya memiliki kontrak dengan klub dan saya harus menghormatinya. Itu adalah salah satu alasan saya beberapa kali tidak berpuasa di bulan Ramadan, namun selalu membayarnya saat ada kesempatan,” ungkapnya.

Kabar Terbaru Abou Diaby

Potenis Diaby di Arsenal sempat mengalami pasang surut. Cedera jadi alasan utama pemain berdarah Pantai Gading itu tak mampu maksimal bersama The Gunners. Pada 2015, pemain yang sempat bermain di akademi PSG ini memutuskan untuk kembali ke Prancis dan bermain untuk Marseille.

Di klub itu juga Diaby memutuskan untuk gantung sepatu pada 2017. Setelah gantung sepatu, Diaby diketahui masih tetap aktif di kegiatan sosial. Ia memiliki yayasan sendiri bernama Abou Diaby Foundation.

Yayasan ini bergerak membantu anak-anak tak mampu di seluruh dunia terutama di Afrika. Yayasan ini sempat bekerjasama dengan Arsenal Foundation pada 2015 untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan menyalurkan bantuan senilai 1 juta poundsterling.

Selain itu, Diaby juga diketahui memiliki usaha sendiri di bidang periklanan bernama Audience Labs. Perusahaan ini bergerak membantu para pengiklan untuk mendapatkan promosi tepat sasaran di sosial media.

Tidak itu saja, di halaman sosial media, Twitter miliknya, Diaby pun masih cukup sering berkomentar mengenai kondisi sosial politik, utamanya perilaku sewenang-wenang yang dirasakan umat muslim di seluruh dunia.

Bagi Diaby, meski sudah tak lagi berprofesi sebagai pesepak bola, ia masih tetap menjunjung tinggi ajaran Islam dan tetap berani bersuara pada penindasan di seluruh dunia seperti dilansir dar laman gomuslim (ia)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed