by

Oleh Oleh Khas Dari Buah Ajaib Kaya Manfaat dari Dataran Tinggi Dieng

wisatahalal.com –  Wonosobo sering disebut dengan kota bunga ini memiliki tempat wisata yang terkenal, salah satunya di kawasan dieng. Dieng memiliki udara yang dingin dan menyimpan banyak komplek wisata untuk dikunjungi. Jika kamu  berwisata ke Wonosobo khususnya dieng belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh oleh khas daerah Wonosobo ini.

 

Salah satu oleh oleh khas Wonosobo populer  adalah Carica. Salah satu destinasi wisata di Wonosobo adalah dataran tinggi dieng, di kawasan dieng ada buah khas yang wajib kamu bawa pulang, yaitu carica. Produk asli dieng ini bentunya mirip dengan buah pepaya. Buah ini diolah warga sekitar menjadi aneka macam makanan dan minuman seperti manisan hingga sirup .                                                                                                                                                       Mungkin kalian jarang mendengar nama buah yang satu ini. Jika dilihat, buah ini adalah versi mini dari buah pepaya. Buah carica ini banyak ditemukan di daerah dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Meskipun kecil, buah carica ini menyimpan banyak manfaat, tak salah kalau buah ini disebut buah Para Dewa oleh warga Dieng. Yuk simak apa saja manfaat dari buah ini!

1. Kaya akan serat

Manfaat utama dari buah ini adalah melancarkan BAB atau buang air besar. Untuk kalian yang sering mengalami gangguan pencernaan, buah ini dapat kalian konsumsi secara rutin setelah diolah

2. Menetralkan asam lambung

Enzim papain yang terkandung dalam buah ini mampu membunuh bakteri dalam usus dan menjaga keseimbangan asam lambung

3. Untuk menjaga kesehatan mata

Sebagian besar orang akan mengkonsumsi wortel untuk menaga kesehatan matanya, namun siapa sangka jika buah carica memiliki kandungan vitamin A yang lebih besar daripada wortel. Untuk kalian yang tidak terlalu menyukai wortel, buah carica ini dapat kalian jadikan alternatif untuk dikonsumsi.

4. Menambah energi

Vitamin B kompleks yang terdapat pada buah carica ini mempu membantu proses metabolisme tubuh dan menghasilkan energi yang besar. Energi yang besar ini bisa membuat kamu merasa kenyang, jadi berbagai olahan buah ini dapat kamu bawa jika kamu menempuh perjalanan yang jauh

5. Mempercantik kulit

Kandungan vitamin C pada carica ini mampu membentuk kolagen yang berfungsi untuk menghindari penuaan dini dan menjadikan kulit lebih mulus dan jauh dari kerutan-kerutan wajah.

6. Mencegah kanker

Buah carica juga mengandung zat agrinin, dimana zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

7. Dapat dijadikan berbagai bentuk olahan

Meskipun enak dan segar, jangan sekali-kali mengkonsumsi buah carica secara langsung, karena dapat menyebabkan rasa gatal disekiar bibir dan mulut. Di Dieng sendiri, buah carica telah dijadikan berbagai bentuk olahan seperti manisan, sirup, dan dodol . Salah pengelola olahan buah carica yang sukses adalah Bayu Ahmad , dengan mengusung merek Carica Agripina dengan beragam inovasi produknya yang selalu jadi buruan oleh oleh wisatwan yang bergunjung ke Dieng, selain di proses secara higenis , produk Agripina juga sudah mengantongi serifikat Halal .

  

AGRIPINA Produsen & Pusat Oleh Oleh Khas Dieng 

Jl. Lurah Sudarto, Rw. 3, Jlamprang, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56319

            

Contact WA    0813 2721 4900 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed