by

Akhir Juli , Masjid Istiqlal Akan Dibuka untuk Umum

Wisatahalal.com –  Masjid Istiqlal Jakarta Pusat rencananya akan dibuka untuk umum pada akhir Juli mendatang. Sebelumnya, Masjid Istiqlal sedang mengebut proses renovasi untuk mengejar pagelaran salat Idul Adha yang akan berlangsung pada 31 Juli.

“Kemungkinan akhir Juli Masjid Istiqlal kembali dibuka,” ujar Kepala Protokol dan Pelayanan Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam, Senin (29/6/2020) kemarin.

Abu menyatakan persiapan pembukaan masih terus dilakukan pihak Masjid Istiqlal. Misalnya, melakukan pematangan hal-hal terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19, penyemprotan disinfektan, serta pembersihan lainnya.

Sementara itu, Masjid Istiqlal juga masih menyelesaikan pembangunan penyempuraan sarana dan fasilitas untuk jamaah. Saat ini sudah memasuki tahap akhir pembangunan. “Pengerjaan toilet, kamar mandi, sarana parkir sudah 90 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada awal Juni lalu sempat memantau perkembangan pembangunan Masjid Istiqlal sebelum dibuka kembali untuk menyelenggarakan ibadah secara berjamaah.

Jokowi mengatakan renovasi Masjid Istiqlal direncanakan rampung pada awal Juli 2020. Waktu penyelesaian pun diakuinya memang agak mundur akibat pandemi COVID-19.

“Saya sudah mendapat informasi dari (Imam Besar) Profesor Nasaruddin Umar bahwa direncanakan Masjid Istiqlal dibuka pada bulan Juli. Tapi keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar,” ujar Jokowi saat meninjau kesiapan new normal di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020) lalu.

Selanjutnya, apabila nantinya Masjid Istiqlal sudah dibuka untuk umum, Jokowi menitipkan pesan bahwa protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus diberlakukan secara ketat. Hal itu untuk mencegah penularan antarjamaah. “Tadi saya titip untuk disiapkan protokol kesehatan hingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Istiqlal semua aman dari COVID-19 seperti dilansir dari laman okezone (Ia )

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed