by

Kain Sasirangan Unik dan Eksklusif Karya RD Sasirangan Kalimantan Selatan

Wisatahalal.com | Banjar Masin  Kain Sasirangan merupakan kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan yang diwariskan secara turun temurun sejak abad XII, saat Lambung Mangkurat menjadi Patih Negara Dipa. Cerita yang berkembang di masyarakat Kalimantan Selatan adalah bahwa kain Sasirangan pertama kali dibuat oleh Patih Lambung Mangkurat .  Di awal-awal kemunculannya, kain sasirangan mempunyai bentuk dan fungsi yang cukup sederhana, seperti ikat kepala (laung), sabuk dan tapih bumin (kain sarung) untuk lelaki, selendang, kerudung, udat (kemben), dan kekamban (kerudung) untuk perempuan.

Seperti kain pada umumnya, kain sasirangan memiliki banyak motif, diantaranya: sarigading, ombak sinapur karang (ombak menerjang batu karang), hiris pudak (irisan daun pudak), bayam raja (daun bayam), kambang kacang (bunga kacang panjang), naga balimbur (ular naga), daun jeruju (daun tanaman jeruju), bintang bahambur (bintang bertaburan di langit), kulat karikit (jamur kecil), gigi haruan (gigi ikan gabus), turun dayang (garis-garis), kangkung kaombakan (daun kangkung), jajumputan (jumputan), kambang tampuk manggis (bunga buah manggis), dara manginang (remaja makan daun sirih), putri manangis (putri menangis), kambang cengkeh (bunga cengkeh), awan beriring (awan sedang diterpa angin), benawati (warna pelangi), bintang bahambur (bintang bertaburan di langit), turun dayang (garis-garis), dan sisik tanggiling.

Kain sasirangan banyak tersedia di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kalimantan Selatan. Harganya ditentukan berdasar jenis kain dan motifnya. Semakin rumit motifnya maka semakin mahal juga harganya

Salah satu pengrajin yang mengangkat kain sasirangan makin naik kelas adalah Seperti dilakukan perajin sasirangan dari Parincahan kota kandangan di kabupaten Hulu sungai selatan ,  RD Sasirangan Pahuluan.

    

Usaha kerajinan keluarga ini  dirintis oleh Ridhawaty Hilma, bersama puteranya M Reza Aditya Nugraha serta menantunya Ana Maharjanah ini membuat sasirangan ekslusif motif merak yang dipadu dengan motif klasik gigi haruan , motif kaligrafi , hingga motif motif ekslusive dengan jumlah sangat terbatas . semua produk sasirangan di buat dengan handmade sehingga terkadang di butuhkan waktu yang lumayan lama untuk pesanan dengan motif yang di inginkan konsumen pemesan . RD Sasirangan bahkan membuat tema tema yang mengangkat potensi wisata yang ada di pahuluan seperti Tema meratus Hijau  yang di buat dari bahan kain sutra kembang , salah satu produk unggulan RD Sasirangan ini dijual dengan harga berkisar 3 juta untuk 3 meter bahan , karena pembuatannya memerlukan waktu lumayan lama , sekitar 5 bulan ujar Reza kepada wisatahalal.com ( 18/05/2019 ) . ( ia )

RD SASIRANGAN PAHULUAN

C/P  M Reza Nugraha / Ana Maharjanah

IG : rdsasirangan_pahuluan

Phone / WA  0821 – 5533 5650 / 0823 – 50 10 0091

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed