by

Indahnya Batik Khas Matraman Produksi Mutiara Batik Dengan Pewarna Alami

Wisatahalal.com | Yogyakarta  Lebih dari satu abad , Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta dikenal sebagai sentra Batik Tulis terbesar di Yogyakarta.

   

Tidak  seperti kebanyakan sentra batik, di Giriloyo para pengrajin batik hanya fokus dengan produksi batik tulis dengan pewarna alam saja alias tidak menggunakan bahan kimia sebagai pewarna .

Membatik pun menjadi mata pencaharian utama sebagain besar warga Giriloyo yang terdiri dari 3 dusun yakni Dusun Karang Kulon, Dusun Giriloyo dan Dusun Cengkehan.

Di Giriloyo sendiri terdapat lebih dari 1200 pembatik yang terbagi dalam 12 kelompok batik.

Motif yang dihasilkan pun beragam, namun yang menjadi ciri khas Batik Giriloyo adalah motif Mataraman ( jogja-solo ) yang membuat Batik Giriloyo sangat istimewa, klasik dan elegan.

Untuk pewarnaan sendiri para pengrajin menggunakan bahan-bahan pewarna alam seperi daun mangga, kayu jati, kulit manggis dan bahan alam lain.

Tidak heran jika kemudian Batik Giriloyo memiliki harga jual yang jauh lebih  tinggi mengingat proses pembuatannya benar-benar menggunakan canting tangan ( tulis ) dan menggunakan bahan pewarna alam. Satu kain Batik Giriloyo pun bisa mencapai angka 300 ribu hingga 3 jutaan rupiah.

Para pengrajin pun menuturkan saat ini mereka mengembangkan motif baru agar tetap menarik bagi konsumen.

Rusyatimah , salah satu pengrajin batik di Giriloyo dengan merek Mutiara Batik  menuturkan saat ini para pengrajin tidak hanya membuat motif klasik namun juga dituntut untuk mengembangkan motif lain yang lebih modern agar diminati pasar baik Lokal maupun Mancanegara .

“Saat ini tidak hanya motif klasik saja yang ada namun pengrajin juga mengembangkan motif lain yang lebih modern. Harapannya agar batik Giriloyo tidak hanya diminati konsumen tertentu saja namun juga bisa menarik bagi anak muda,” ujarnya.

Miutiara Batik tidak hanya mengembangkan motif yang kekinian agar menarik generasi muda, Mutiara Batik  menyediakan pembuatan batik sesuai pesanan.

“Konsumen bisa mengirimkan gambar motif sesuai keinginannya yang kemudian akan dikerjakan pengrajin,” ujar Rusyatimah  , pendiri dan Pemilik Mutiara Batik .

Meskipun mengembangkan aneka motidf namun Rusyatimah mengatakan bahwa proses pembuatan batik tetaplah dengan metode batik tulis karena itu merupakan ciri khas dari Batik Giriloyo Yogyakarta. Selain Memproduksi Batik  Mutiara Batik juga membuka Batik Course bagi wisatawan lokal maupun asing yng ingin belajar membatik . tak heran jika Mutiara Batik menjadi salah satu destinasi wisata Batik yang cukup terkenal di Yogyakarta .  ( ia )

Mutiara Batik

Cengkehan , Giriloyo ,Wukirsari ,Imogiri D.I. Yogyakarta

Telp / WA : 0813 -2703 -0407 / 0822-2598-3385

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed