by

Berlomba Memberi Iftar Di Sudan , Negeri Para Dermawan

Wisatahalal.com – Khortum Kegiatan Ramadhan   di benua Afrika begitu menarik. Mayoritas negara di Afrika berpenghuni pemeluk agama Islam. Hal itu membuat kedatangan Ramadhan sangatlah mereka tunggu. Suasana setiap negara pun tentunya berbeda.

Ada suasana menarik  yang dapat kita lihat ketika bulan suci Ramadhan   di negeri dua Nil, Sudan. Sudan merupakan salah satu negara besar yang terletak di benua Afrika bagian utara. Sudan berbatasan langsung dengan Chad, Mesir, Eritrea, dan Ethiopia. Sudan menjadi negara terbesar ke-4 di Afrika dengan jumlah penduduk sekitar 38,5 juta jiwa, yang mana mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu suasana yang sangat kentara adalah berlomba lomba dalam kedermawananan dengan menjamu dan menyediakan buka puasa bagi siapa saja di berbagai tempat dengan menu yang sangat lezat dan beraneka macam .

Budaya berbuka puasa atau iftar  di Sudan adalah semua orang berbuka di luar rumah, beralaskan tikar yang tak terlalu besar. Pemandangan ini bisa dilihat di area terbuka di dekat Masjid Mujamma Al Islami atau Masjid Al Noor di Khartoum. Misalnya, lima keluarga yang tinggal berdekatan bersatu untuk berbuka di depan salah satu rumah di antara mereka. Rumah pertama yang menyediakan makanan pokok. Rumah kedua yang menyediakan minuman. Rumah ketiga yang menyediakan hidangan berbuka, dsb. Selama 30 hari mereka berganti tugas, demi melayani masyarakat sekitar.

Jika ada orang yang melewati tempat berbuka mereka, mereka tak segan untuk memaksanya berbuka bersama mereka. Ini tradisi begal Ramadhan di Sudan. Memaksa seperti mengancam. Jika ada yang tak mau untuk berbuka disana, mereka akan keras untuk memaksanya. Dalam 10 hari terakhir pula, masjid-masjid besar mengadakan salat malam. Setiap malamnya sang imam membaca 3 juz dalam kisaran waktu dua jam. Sehingga di hari terakhir Ramadhan, masjid tersebut mengkhatamkan Al Quran dua kali, ketika taraweh, dan ketika salat malam. ( ia )

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed