by

Sudah Cobain Sambal Khas Cabe Suku Dayak Di Hutan Belantara Kalimantan ?

Wisatahalal.com | Tarakan Jika berkesempatan berkunjung ke Tarakan Kalimantan Utara , tidak afdhol rasanya kalau belum mencicipi pedasnya sambal Dayak yang di produksi oleh Yuliatin . Yuliatin adalah pengusaha Muslimah asal Desa Juata Kerikil yang sukses memberdayakan budidaya Lokal tanaman Lombok yang di tanam oleh suku dayak di belantara Hutan kalimantan Utara , yang tidak mempunyai masa panen tertentu , sehingga bisa di katakan lombok khas dayak ini menjadi sangat spesial .

  

Kesuksesan Yuliatin memberdayakan budidaya tanaman Lombok khas dayak menjadi produk yang mempunyai nilai komersial tinggi pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak , diantaranya dari Baznaz Kalimantan Utara yang memberikan bantuan peralatan mesin produksi dan proses sertifivasi Halal agar produk khas kalimantan Utara ini lebih bisa bersaing dan melebarkan pasarnya baik pasar nasional maupun Global .

berbeda dengan lombok yang lain, dengan ciri memiliki tekstur yang agak keras dan cita rasa yang sangat pedas, membuat sambal buatannya cukup komplit.

“Saya memilih  lombok dayak ini karena tahan alias nggak mudah busuk, dan ingin memberdayakan budidaya tanaman lokal suku dayak ” ujar Yuliatin

Sambal tentunya sangat berpengaruh dengan jumlah dan jenis cabai atau lombok yang digunakan sebagai bahan sambal tersebut. Ia menuturkan, tidak ada batasan kreasi dan variasi dalam cara membuat sambal, semuanya tergantung dengan selera dan level ketahanan masing-masing .

“Cita rasa pedasnya juga sangat berasa. Karena saya menggunakan dua level pedas yang berbeda, jadi ada pilihan juga,” ucap Yuliatin

Dengan menambahkan bahan yang berbeda-beda di setiap varian rasanya seperti ebi, ikan asin pepija, kepiting, bandeng dan cumi-cumi, sambal buatannya hingga saat ini cukup diminati di berbagai kalangan konsumen. Berbagai event dan pameran pun sudah di ikuti Yuiatin, seperti event Halal Expo . dengan menggunakan nama daerah yaitu Dayak , maka potensi kuliner daerah kita juga akan naik sebagai oleh oleh khas Kalimantan Utara          , ( ia ) 

Sambal Dayak 

Jl. Aki Balak Rt 03 Kel Juata Kerikil , Tarakan – Kalimantan Utara ( Kaltara )

Business Contact : Yuliatin  ( Owner ) 

phone : 0821-586-88884 / 0812 543 77770 

IG : Sambal Dayak 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed