by

5 Tip Mengetahui Keaslian Madu

Wisatahalal.com  Madu mempunyai khasiat yang luar biasa ,  ada beragam khasiat yang bermanfaat untuk tubuh. mulai dari peningkatan daya tahan tubuh ,  perawatan kulit, membantu menyembuhkan luka sampai berfungsi sebagai antioksidan , mengkonsumsi madu ketika safar di perlajanan juga sangat di anjurkan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama di perjalanan . sayangnya  banyak madu yang dijual tak bisa dipastikan keasliannya. Banyak madu yang ‘dioplos’ oleh para penjual demi mendapatkan keuntungan yang banyak. Bahkan semua merek mengklaim bahwa mereka menjual madu murni 100 persen . Berikut cara mengetes keaslian madu yang bisa Anda lakukan sediri di rumah sebagai pengetahuan penting dalam membeli dan mengkonsumsi madu :

1. Periksa label kemasan 
saat pembelian periksa label dengan hati-hati. Jika Anda menemukan bahan-bahan tambahan, tidak usah membelinya. dan pastikan sudah bersertifikat Halal , Jika Anda tak percaya, atau penjualnya tidak mencantumkan label, Anda bisa melakukan uji keaslian lainnya

2. Periksa dengan test  air
Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui bahwa madu Anda murni adalah dengan melakukan uji air. Tuangkan sesendok madu ke dalam segelas air. Jika madunya larut, madu itu berarti tidak murni . Perhatikan reaksi yang terjadi, jika madu larut dengan air maka dipastikan madu itu tidak asli sebab mengandung air. Namun jika madu tetap pada konsistensinya dengan berada secara terpisah dengan air layaknya air dan minyak, berarti madu tersebut insya Allah asli alias murni.

3. Periksa dengan test  api
Hati-hati saat uji coba cara ini. Madu adalah objek yang mudah terbakar. Untuk membuktikan keaslian madu, Anda bisa mengambil  korek kayu yang dilumuri madu. Korek kayu ini kemudian digesekkan (dinyalakan) seperti biasa, jika korek tersebut berhasil menyala meskipun dilumuri madu, maka madu tersebut insya Allah asli. Jika korek tidak bisa menyala maka madu tersebut tidak murni dan terdapat bahan campuran di dalamnya

4, Periksa dengan test  kain
Tuangkan beberapa tetes madu pada kain. Madu murni akan diserap. Anda juga dapat membuktikan kemurnian dengan cara lain. Cuci bekas madu pada kain. Jika Anda tidak menemukan noda di atasnya, madu Anda insya Allah  murni.

5. Periksa dengan test  roti
Coba ini pada saat sarapan. Madu murni selalu membuat roti menjadi keras. Jika ada bahan lain di dalam madu, roti akan menjadi basah dan lembek. Hal ini terjadi karena kelembapan.

(ah )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed