by

Indahnya Masjid Delapan Kubah Di Kampung Lapan

Wisatahalal.com | Malaysia 

Setelah enam tahun pembangunan, Masjid Delapan Kubah di desa Kampung Lapan Kotak, di distrik Besut di Malaysia barat, kini telah menjadi situs tujuan utama desa untuk penduduk setempat dan wisatawan,

“Orang-orang datang dari bahkan bagian utara negara untuk melihat masjid dan berdoa di dalamnya, seperti dilansir dari laman Bernama News Agencies  pada 25 November.

Keberadaan masjid ini telah mempopulerkan nama desa, ”kata Wan Ahmad Wan Yaacob, 64 yang sudah bertugas sebagai wakil ketua masjid dan muazin desa selama 30 tahun terakhir.

Gaya arsitektur masjid menyerupai Katedral St Basil di Moskow, Rusia, yang terinspirasi dan dipengaruhi oleh gaya arsitektur Tatar Islam dari Masjid Qolşärif yang dihancurkan di Kazan, ibu kota republik Muslim Tatarstan.

Masjid Qolşärif dibakar dan dihancurkan oleh tentara Rusia Ivan the Terrible yang menginvasi Tatarstan pada tahun 1552 dan kemudian membangun St Basil’s Cathedral pada tahun 1555. “Keunikan arsitektur masjid dengan kombinasi warna-warni kubah berbentuk bawang telah menarik pengunjung non-stop sejak tahun lalu ketika digunakan untuk` sholat Idul Fitri, ujar  “Yaacob .

Masjid Delapan Kubah baru, yang dapat menampung hingga 500 jamaah, dibangun dengan biaya sekitar 13 Milyar  melalui sumbangan publik untuk menggantikan masjid kayu sebelumnya yang berusia lebih dari 100 tahun.

“Saat ini, hanya 5% dari masjid seluas 0,6 hektar yang belum sepenuhnya selesai, yaitu sebagian dari area wudhu dan bagian atap di bagian depan masjid yang membutuhkan lebih banyak uang untuk diselesaikan,” kata muazzin. .

“Karena masjid sekarang menjadi salah satu landmark desa, manajemen masjid berencana untuk mengalokasikan sudut khusus untuk menempatkan informasi dan bahan-bahan yang menampilkan sejarah kuno dari mesjid lama,”   ( ia)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed